Membuka GeoTour.ID
Mega / 06 Jun 2022

4 Wisata Goa Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Wisata goa yang ada di Yogyakarta menjadi salah satu destinasi yang ramai didatangi oleh para wisatawan ketika musim liburan tiba. Jogja merupakan salah satu kota yang menyimpan banyak pesona wisata, mulai dari aspek seni, kuliner, budaya, dan bahkan wisata alam yang memanjakan mata. Anda bisa datang ke wisata alam seperti pantai yang indah dengan pemandangannya maupun pegunungan yang sejuk.

Selain pantai dan gunung, anda juga bisa mendatangi berbagai wisata goa yang indah. Wisata goa ini menyediakan suasana yang asri dan menantang sehingga anda bisa menjadikannya sebagai tujuan ketika anda mendatangi kota Jogja saat musim liburan tiba. Perlu anda ketahui jika di Jogja, mayoritas goanya adalah goa kapur dengan pemandangan stalaktit dan stalakmit yang mempesona.

Apa saja wisata goa di Yogyakarta yang bisa anda datangi saat musim liburan tiba? Yuk simak!

Goa Jomblang

Goa Jomblang

Wisata goa yang ada di Jogja yang pertama adalah anda bisa mendatangi goa Jomblang yang ada di Jogja. Pemandangan yang ditawarkan oleh goa ini adalah cahaya yang menembus bebatuan yang terlihat seperti cahaya yang menembus dari surga. Goa ini terletak di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakrta yang memiliki sebuah sungai bawah tanah yang digemari oleh para penugnjung.

Ketika anda menuruni goa ini, anda akan dimanjakan oleh pemandangan hutan purba yang terletak di dasar bumi. Diperlukan sebuah nyali dan keberanian agar anda bisa menikmati pemandangan goa yang terletak 60 meter di bawah permukaan, sehingga cocok sekali bagi anda yang menyukai tantangan untuk datang ke goa ini.

Goa ini sangat cocok untuk didatangi pada pukul 10 hingga 13 WIB karena cahaya matahari yang masuk ke sela gua memberikan sebuah cahaya yang sangat indah dan menakjubkan. Lokasinya yang cukup rumit menyebabkan anda membutuhkan seorang pemandu dan juga alat keselamatan yang lengkap jika anda ingin datang ke tempat ini.

Goa Pindul

Goa Pindul

Wisata goa yang ada di Jogja yang berikutnya adalah anda bisa mendatangi Goa Pindul yang terletak di Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Wisata ini sangatlah populer dan bahkan dapat dikatakan bahwa anda belum datang ke Jogja jika anda belum mendatangi Goa Pindul.

Goa ini terlihat menarik dan mempesona karena memberikan anda pemandangan yang indah, bahkan dilengkapi oleh keberadaan sungai Oya yang mengalir di bawah goanya. Jika anda ingin mendatangi lokasinya, anda tidak perlu khawatir akan tersesat karena di pinggir jalan akan banyak penduduk yang memberikan bantuan kepada anda. Anda bisa melakukan wisata air susur gua atau cave tubing jika datang kesana.

Goa Cokro

Goa Cokro

Wisata goa yang ada di Jogja yang berikutnya adalah Goa Cokro yang terletak di Desa Umbulharjo, Gunungkidul, Yogyakarta. Goa ini merupakan sebuah goa vertical yang memiliki kedalaman sekitar 18 meter di bawah permukaan. Goa ini memiliki dua mulut goa yang berbentuk sumur dengan jarak 8 meter. Diameter lubangnya memiliki lebar sekitar 1 meter.

Dinding goa cokro ini terpahat alami dari air yang menetes sehingga akan memberikan anda sebuah sensasi tersendiri dan banyak ukiran mineral pada batuan karst. Jika anda datang ketika cuaca sedang cerah, maka anda bisa menikmati sebuah fenomena Ray of Light atau ketika cahaya matahari yang menembus dari lubang lainnya. Untuk datang ke goa ini, anda harus datang minimal 10 orang dengan biaya sebesar 1 juta rupiah.

Goa Rancang Kencono

Goa Rancang Kencono

Wisata goa yang ada di Jogja yang berikutnya adalah Goa Rancang Kencono yang sangat cocok untuk didatangi ketika anda tidak ingin berbasah-basahan. Goa ini terletak di Desa Bleberan, Gunungkidul, Yogyakarta. Goa ini merupakan salah satu goa purba yang terdapat sebuah pohon klumpit yang besar berusia sekitar ratusan tahun.

Goa ini memiliki sekitar 3 ruangan di dalamnya yang salah satunya berukuran besar seperti aula. Gua ini konon digunakan sebagai tempat persembunyian dan juga pertemuan Laskar Mataram sebagai tempat penyusunan rencana mengusir Belanda.

Wisata goa yang ada di Jogja yang sudah dijelaskan diatas dapat dijadikan sebagai referensi wisata anda ketika masa liburan tiba. Sekian.