Membuka GeoTour.ID
Ichsan A / 02 May 2022

Cara Mengatasi Game PS1 Yang Macet Di Emulator ePSXe Android

tampilan awal emulator epsxe android

Kalian yang hobi main game PS1 pasti sudah pada tau emulator ePSXe, salah satu emulator game PS1 yang mudah untuk digunakan serta memiliki ukuran yang kecil di hp Android.

Selain ringan, ePSXe juga menyediakan beberapa fitur yang membuat gamer betah memakai ePSXe sebagai pilihan utama untuk memainkan game-game PS1.

Tapi sayangnya emulator ini tidak selalu bekerja dengan sempurna. Kadang kala ada beberapa game PS1 yang tidak dapat dimainkan dengan optimal. Bahkan ada juga saat dimana game PS1 yang kalian mainkan tiba-tiba berhenti total. Sebagai contohnya game Super Shot Soccer yang sering dirasakan bermasalah oleh para pengguna emulator ini.

Pada tulisan berikut, kami bakalan kasih tau kalian bagaimana cara agar terhindar dari hal-hal yang tidak kalian inginkan pada saat menggunakan emulator ePSXe. Terutama masalah stuck seperti yang ada dalam permainan Super Shot Soccer. Apa saja? Berikut adalah cara-caranya:

Cek Dan Pastikan Ukuran ROM Game Yang Kalian Mainkan Benar

Hal yang paling pertama. Pastikan ukuran game yang akan kalian mainkan sesuai dengan ukuran file aslinya. Untuk lebih amannya, usahakan kalian mengunduh file game PS1 berformat iso ataupun bin. Selain itu, selalu mengunduh file tersebut di situs yang memang sudah menyediakan game-game tersebut yang sesuai dengan ukuran aslinya.

Terkadang, terdapat beberapa situs yang memanfaatkan kelengahan para gamer yang ingin mencari ukuran file game sekecil-kecilnya. Padahal, mereka tidak sadar jika sebetulnya ukuran file game yang kecil tentunya terdapat konten di dalam game yang terhapus atau tidak tersedia. Inilah yang menyebabkan beberapa game PS1 (terutama berukuran kecil) sering bermasalah jika kalian memainkannya pada emulator ePSXe.

Periksa File Arsip, Jangan Dihapus Sebelum Game Benar-benar Berjalan Sempurna

Saat ini, sepertinya format file file arsip nampaknya sudah cukup banyak orang tahu (apalagi jika kalian kaum gretonger hahaha). Jika file game PS1 dibungkus dengan format arsip seperti zip atau rar.

Lakukan test terlebih dahulu apakah terdapat virus di dalam file tersebut. Karena bisa jadi, tanpa sadari file yang kamu unduh ternyata membawa virus yang akhirnya merusak file game yang terdapat di dalamnya.

Jika sudah terdeteksi tidak ada virus. Setelah kalian berhasil mengekstraknya, jangan kalian hapus terlebih dahulu file arsip sebelumnya. Sekali lagi, langkah ini untuk mencegah sekaligus memastikan apakah ukuran game memang sudah sesuai dan berjalan sempurna pada emulator ePSXe kalian.

Selalu Mengatur Preferensi Layar Sebelum Memainkan Game Yang Akan Dimainkan

Nah. Ini merupakan langkah paling penting untuk kalian. Apalagi jika kalian menggunakan tambahan plugin untuk menjernihkan grafis yang emulator ePSXe tampilkan. Sebelum memainkan game yang mau kalian mainkan, periksa terlebih dahulu pengaturan preferensi layar yang akan kalian gunakan.

Bukan tanpa sebab, karena terdapat beberapa game yang justru menjadi nge-bug jika kalian tidak menggunakan pengaturan yang sesuai pada emulator ePSXe kalian. Maka dari itu, lakukan penyesuaian terlebih dahulu sebelum memainkannya.

Karena pilihan pengaturan layar yang ada pada saat kalian sedang bermain menjadi terbatas. Yang belum tentu bisa memperbaiki game tersebut secara instan. Terlebih jika kalian sedang menjalankan file game nya pada emulator ePSXe itu.

Begitulah solusi untuk kalian yang mengalami masalah pada game PS1 yang kalian mainkan di emulator ePSXe, khususnya untuk pengguna Android. Apakah tips di atas dapat membantu?