Membuka GeoTour.ID
Ivan / 29 Apr 2022

Harga Tiket Bioskop Naik! Jadi Berapa Ya?

Pengumuman buat para penonton bioskop: harap sabar, ini ujian.

Harga tiket bioskop Indonesia resmi naik. Pertanyaannya, jadi berapa harga tiket bioskop sekarang?

Buat kalian yang hobi nonton film di bioskop, mungkin sejak tahun 2021 lalu sempat merasakan senang karena harga tiket bioskop yang turun. Namun belakangan ini kalian tidak akan menemukannya lagi, karena harga tiket bioskop sudah kembali normal.

Saat ini harga tiket bioskop jika kita tinggal di Bekasi, Jawa Barat, maka harga tiket untuk weekdays (Senin-Kamis) adalah Rp 30.000. Sedangkan untuk hari Jumat Rp 35.000 dan Sabtu, Minggu, libur nasional, adalah Rp 40.000. Harga ini dapat berbeda untuk wilayah yang berbeda.

Harga Tiket Bioskop Resmi Naik!

Para penonton mungkin ada yang merasa sedikit kecewa. Harga tiket bioskop murah akibat pandemi, kini sudah tidak berlaku lagi.

Melalui pantauan melalui media-media dan dari situs bioskop sendiri terlihat bahwa harga tiket bioskop Indonesia resmi naik.

Kenaikan harga ini sudah resmi diberlakukan pada tanggal 28 April, 2022. Nominal kenaikannya pun beragam, bergantung juga pada lokasi atau wilayah pada masing-masing bioskop.

Untuk daerah Jabodetabek berkisar dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Jadi kalau diperhatikan, harganya telah kembali seperti sebelum masa pandemi yang lalu.

harga tiket bioskop xxi di blok m

Alasan Kenaikan Harga Tiket Bioskop

Kalau dari segi pengamatan awam, tentu saja harga naik akibat terjadinya inflasi karena harga BBM dan harga barang kebutuhan lainnya pun sudah mengalami kenaikan.

Akan tetapi menurut Head of Corporate Communications & Brand Management jaringan bioskop Cinema XXI, Dewinta Hutagaol, harga tiket bioskop yang mengalami kenaikan saat ini sebenarnya tidak bisa dibilang kenaikan harga yang sebenarnya.

Kenaikan harga tiket bioskop ini hanya dilihat sebagai kembalinya harga ke titik normal sebelum pandemi COVID-19 secara perlahan. “Jadi bukan dikarenakan libur lebaran,” tambah Dewi.

“Sebagai informasi, selama pandemi tahun 2020-2021, kami telah beberapa kali melakukan penurunan harga. Adapun rencana penyesuaian harga ini dimaksudkan untuk secara bertahap kembali ke harga sebelum pandemi.”

Kenaikan harga ini juga salah satu langkah bertahan hidup bagi bisnis bioskop dan sebuah sinyal baik pula untuk konsumen sebenarnya. Karena margin dari kenaikan harga ini akan digunakan pula untuk perawatan dan peningkatan kualitas bioskop.

Walau bagaimanapun, pecinta film yang suka menonton di bioskop sudah sewajarnya memaklumi kenaikan harga ini agar industri perfilman dan bioskop dapat terus berjalan. Hanya perlu sedikit berhemat agar dapat tiket bioskop untuk menonton film terbaru.